Dampak Stres Kronis Bisa Mempengaruhi Produktivitas Anda

 

Stres Kronis Mempengaruhi Produktivitas

Mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan, terutama saat ini dengan daftar tanggung jawab yang terus berkembang yang dihadapi setiap orang, baik di kantor maupun di rumah. Sayangnya, stres kronis juga menjadi lebih umum sebagai akibatnya.

Baik itu di tempat kerja atau dengan keluarga Anda, stres kronis dapat memengaruhi produktivitas dengan cara yang sangat negatif. Baca terus untuk mengetahui mengapa tingkat stres yang terus-menerus dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda dan menghalangi Anda mencapai tujuan.

  • Sulit Untuk Tetap Fokus 

Salah satu kemampuan mental pertama yang menderita akibat stres adalah kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada topik atau tujuan tertentu.

Stres memicu pelepasan berbagai hormon dalam tubuh Anda, termasuk kortisol, yang melemahkan sistem kekebalan Anda dan memengaruhi siklus tidur Anda.

Stres juga menghasilkan produksi adrenalin, yang dapat membuat Anda merasa lebih termotivasi pada awalnya, tetapi menyebabkan tingkat kecemasan yang ekstrem selama periode stres kronis.

Akibatnya, menjadi lebih sulit untuk mempertahankan perhatian Anda karena tubuh Anda berfungsi pada keadaan tinggi yang dimaksudkan untuk tindakan cepat. 

Anda akhirnya merasa lebih lelah, yang merusak konsentrasi Anda, sementara pikiran Anda melompat ke topik yang berbeda saat Anda mencoba untuk melepaskan diri dari pikiran yang menyebabkan stres dan dengan demikian tidak dapat menyelesaikan tugas.

  • Kurang Motivasi

Banyak orang yang menderita stres kronis juga mengalami penurunan besar dalam motivasi, biasanya dalam hal menyelesaikan tugas yang menjadi sumber stres. Misalnya, bayangkan Anda perlu membersihkan garasi untuk memberi ruang bagi mobil baru, tetapi setiap kali Anda menginjakkan kaki di ruang itu, Anda kewalahan dengan semua kotak dan barang lain di dalamnya. 

Tugas yang tampaknya menakutkan untuk memilah-milahnya semua menyebabkan Anda stres, yang memicu berbagai respons emosional dan fisik dalam tubuh Anda yang meminta Anda untuk menghindarinya untuk melepaskan diri dari stres.

Seiring waktu, Anda merasa semakin tidak termotivasi untuk mengerjakan proyek. Hal ini dapat terjadi pada hampir semua topik, karena pemikiran untuk memulai tugas menyebabkan lebih banyak stres dan dengan demikian membuat Anda cenderung tidak melakukan apa pun.

  • Meningkatnya Kelupaan

Hormon stres juga telah ditemukan sangat merusak baik ingatan jangka pendek maupun jangka panjang.

Menurut penelitian, satu studi menemukan bahwa paparan stres kronis mengganggu kemampuan mengingat peserta, yang membuatnya lebih sulit untuk menyelesaikan aktivitas yang melibatkan mengingat informasi tertentu.

Kelupaan dapat sangat menghambat produktivitas dalam berbagai cara, bukan hanya karena bekerja lebih keras untuk mengingat detail dapat mengakibatkan menghabiskan lebih banyak waktu untuk proyek. Ini dapat menyebabkan Anda lupa tentang tenggat waktu, rapat yang akan datang, atau instruksi khusus.

Pada gilirannya, hal ini dapat menyebabkan membuang-buang waktu untuk berfokus pada subjek yang salah serta menghabiskan lebih banyak waktu untuk memperbaiki detail atau komponen yang terlupakan akibat stres.

  • Merubah Cara Berfikir

Stres yang berlebihan tidak hanya memengaruhi kemampuan fisik Anda untuk menghasilkan pekerjaan atau mencapai hasil pada suatu aktivitas, tetapi juga dapat memengaruhi cara Anda memandang pekerjaan Anda secara keseluruhan.

Ketika Anda mengalami stres secara terus-menerus, Anda mungkin merasa bahwa Anda terus-menerus terburu-buru untuk mematuhi tenggat waktu dan tuntutan orang lain, yang dirangsang oleh hormon stres.

Merasa tekanan untuk menyelesaikan sebuah proyek, tetapi tidak dapat melakukannya karena cara lain stres memengaruhi produktivitas, dapat menyebabkan Anda merasa tidak ada gunanya berusaha lebih keras untuk berhasil. 

Adanya stres yang terus-menerus membuat Anda merasa seolah-olah Anda tidak akan pernah bisa melakukan cukup banyak hal untuk menghilangkannya.

Dengan demikian, Anda tidak bekerja terlalu keras dan hasil keseluruhan Anda menurun karena Anda tidak melihat manfaat yang sesuai dari upaya Anda.

 

 

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter