Sembilan Kebiasaan Sederhana Yang Wajib Diajarkan Orang Tua Pada Anak

 

Sembilan Kebiasaan Yang Wajib Diajarkan Orang Tua Pada Anak

Kebiasaan baik tidak di dapat secara instan, melainkan di pupuk sedini mungkin. Kebiasaan baik seharusnya  dilatih terus-menerus dan berulang-ulang agar senantiasa terbiasa berbuat baik tanpa terfikirkan terlebih dahulu, dan dampaknya berjangka panjang terlihat pada keseharian anak setelah dewasa.

Sebagai orang tua, kita wajib mengajarkan kebiasaan baik terhadap anak. Terkadang anak kita meniru apa yang di perbuat oleh kedua orang tuanya. Atau merekam semua kejadian-kejadian yang di lihat oleh anak-anak. 

Yang perlu selalu di ingat Orang tua adalah Madrasah utama bagi anaknya. Maka dari itulah kita sebagai orang tua agar bisa memberi contoh hal yang baik, serta ajarkan selalu Tata Krama dan sopan santun kepada yang lebih tua, teman sebaya atau di bawah umur si anak.

Berikut ini kebiasaan sederhana baik yang bisa diajarkan kepada anak sejak usia dini:

1. Ucapkan Kata Tolong

Ajarkan anak ketika ingin meminta sesuatu atau bantuan kepada orang lain. Biasakan mengucapkan kata "Tolong" agar terkesan sopan dan hormat kepada orang yang di tujukan.

2. Ucapkan Terima Kasih

Selalu ajarkan anak untuk berkata "terimakasih" setelah menerima bantuan sekecil apapun atau menerima sesuatu apapun.

3. Jangan Memotong Pembicaraan

Jangan memotong pembicaraan kepada orang lain terkecuali di saat darurat. Hal ini adalah cara membantu mereka belajar untuk memperhatikan dan memberikan respon ke lawan bicara.

4. Ucapkan Kata Permisi

Selalu ajarkan kata " permisi" jika ingin di perhatikan atau ingin meyudahi pembicaraan karena sesuatu hal yang penting.

5. Kebiasaan Waktu Tidur

Kebiasaan tidur yang baik akan membantu anak tumbuh sehat. tidur lebih awal akan membuatnya bisa bangun lebih awal, yang dapat merasakan udara pagi yang segar dan sehat. Kebiasaan baik anak satu ini, menjaga jam biologis ditubuh anak, juga membantu sistem pencernaan dan sirkulasi di tubuh anak.

6. Kebiasaan Membaca

Tanamkan kebiasaan membaca sejak dini, supaya sang anak memiliki kesenangan dan minat membaca sejak dini. Kebiasaan membaca juga membantu anak menjalani masa akademis dan mendukung proses belajar.

7. Waktu Bermain

Dukung lah anak anda untuk bermain di luar rumah, ajak dia pergi ke taman  atau taman bermain yang tersedia berbagai permainan untuk anak.

Mintalah sang anak untuk melakukan permainan apapun yang membuat tubuhnya bergerak aktif. Selain membangun kesehatan sang anak, bermain di luar rumah juga membantu anak untuk bersosialisasi terhadap orang lain dan sekitar.

8. Biasakan Membantu Membersihkan Rumah

Ajari anak untuk membersihkan rumah dan membereskan mainannya sendiri. Membuang sampah pada tempatnya, merapikan tempat tidur, dan menaruh baju kotor pada keranjang cucian.

Dan ajarkan mereka untuk menyimpan sepatu dan sendalnya dengan rapi. Dan tidak menaruh nya di sembarang tempat.

9. Menyikat Gigi 2 Kali Sehari

Banyak anak kecil malas sekali untuk menyikat gigi, carilah cara agar sang anak mau melakukan aktivitas ini. Sesekali berilah anak makanan manis atau permen dan berjanjilah setelah makanan habis segera untuk menyikat giginya.

Ajarkan anak untuk menyikat gigi 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur. Tujuannya agar kelak anak bisa melakukan kebiasan serti diataas hingga dewasa. Nah itulah tips yang bisa diajarkan orang tua pada anak Semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter